Selasa , September 29 2020
JalanDakwah.info

Jangan takut dengan masa depan

Tausiyah senja
Assalamu’alaikum.

Saudaraku seiman, Diantara manusia ada yang sangat mengkhawatirkan keadaan masa depannya. Kekhawatiran itu hingga membayang-bayangi kehidupannya karena ia takut keadaannya jauh lebih buruk dari kondisi kehidupannya saat ini. Takut itu pada dasarnya adalah alamiah yang muncul dari kelemahan manusia sebagai makhluk. Masa depan adalah bagian dari perkara ghaib yang tidak seorang makhluk pun mengetahuinya kecuali Allah ta’ala. Rasa takut tidak harus dibawa ke alam bawah sadar karena dapat berimplikasi buruk terhadap perilaku bahkan keimanan seorang hamba. Hadapi rasa takut dengan sikap optimis bahwa kondisi hari esok jauh lebih baik dari hari ini. Gantungkan harapan hidup hanya kpada Allah ta’ala semata bukan kepada kemampun diri yang lemah apalagi kepada orang lain seperti jabatan atau pimpinan. Persiapkan masa depan dengan ilmu yang cukup dan iman yang kuat kelak siap menghadapi situasi dan kondisi terburuk sekalipun. Masa depan yang pasti adalah kematian sebagai pintu gerbang kehidupan akhirat yang kekal dan abadi. Justru perkara inilah yang paling kita takuntukan menghadapinya bila tanpa bekal yang cukup.

Allah Subhana wa ta’ala berfirman :“Katakanlah : tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib kecuali Allah (QS. An-naml:65).
Wallahu a’lam
By : Tommy Abdillah

Tentang Tommy Abdillah

Founder Majelis Ilmu Ulin Nuha, Founder Rumah Tahfidz Al-Quran Ulin Nuha Medan, Praktisi Ruqyah Syar'iyyah As-syifa' Medan, Admin Taushiyah Group Whatsapp, Penulis buku Taushiyah Group BBM, Taushiyah Senja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *