Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Kamis , Desember 14 2017
Beranda » Kajian » Meski Anak Seorang Budak, Hasan Al-Bashri Jadi Ulama Besar

Meski Anak Seorang Budak, Hasan Al-Bashri Jadi Ulama Besar

ANDA tentu mengenal salah satu ulama besar ini bukan? Ya, dialah Hasan Al-Bashri. Dirinya kini selalu dikenang sepanjang masa. Meski jasadnya tak ada di dunia, tetapi kata-kata bijaknya begitu berarti. Bahkan, ia merupakan salah satu orang yang paling dikagumi.

Keberhasilannya menyandang orang ternama di mata manusia, diraihnya dengan penuh perjuangan. Anda mungkin tak menyangka bahwa dirinya hanyalah seorang anak dari seorang budak.

Hasan bin Yassar (yang pada akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Hasan Al-Bashri) tumbuh di salah satu rumah Nabi ﷺ. Besar dipangkuan salah satu istri beliau, yaitu Hindun binti Suhail yang lebih sering dipanggil dengan Ummu Salamah. Ibunda bayi itu bernama Khairah, seorang budak dari Ummu Salamah. Dan bapaknya Yassar, adalah budak Zaid bin Tsabit yang paling disayangi dan diutamakan di antara budak yang lain.

Tentang Agus Waldiono