Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Jumat , September 22 2017
Beranda » Tausiyah BBM » Pelajaran Ayat Al-Qur'an » Menggapai Sholat Khusyu’
Muslim man prays in mosque

Menggapai Sholat Khusyu’

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Pelajaran Ayat Al-Qur’an Hari Ini :

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna”.(QS.Al-mu’minun:1-3).

Note: Assalamu’alaikum Wr.Wb Saudaraku seiman, Segala puji dan syukur hanyalah milik Allah Subhana wa ta’ala Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sungguh beruntung dan berbahagialah orang – orang yang beriman itu yaitu mereka yang khusyu’ didalam mendirikan shalatnya. Tidak sedikit diantara orang – orang mukmin yang mendirikan shalat tapi shalatnya sebatas penggugur kewajiban, shalatnya tidak membekas didalam bathinnya, shalatnya tidak khusyu’ dan tawadhu’ bahkan shalatnya tidak mempengaruhi prilaku dan perbuatannya sehari – hari sehingga hampir tidak ada bedanya antara orang yang mendirikan shalat dengan orang yang meninggalkan shalat. Pada hal shalat itu dapat mencegah dari perbuatan yang keji dan mungkar. Al-Imam Qurthubi rahimahullahu berkata, khusyu’ adalah suasana didalam jiwa yang tertampakan pada anggota tubuhnya berupa ketenangan dan ketundukan. Lawan dari khusyu’ adalah terburu – buru dan tidak thuma’ninah. Tempatnya khusyu’ adalah didalam hati dan membekas ke seluruh tubuh manusia. Kalau hati sudah tidak khusyu’ maka seluruh anggota tubuh tidak lagi beribadah secara serius karena hati ibarat komandonya dan anggota badan adalah tentaranya.

Khusyu’ juga menjadi bukti ke ikhlasan karena hanya mereka yang ikhlas beribadah karena Allah ta’ala yang dapat melakukan khusyu secara sempurna. Tanpa keikhlasan khusyu’nya adalah dusta. Al-imam Ibnu Qoyyim Al-jauzi Rahimahullahu membagi khusyu’ kepada 2 yaitu :
1. Khusyu’ iman : hatinya menghadap Allah dengan penghormatan, pengagungan, ketenangan, penuh harapan dan rasa malu.
2. Khusyu’ munafiq : fisiknya khusyu’ tapi hatinya tidak khusyu’.

Adapun kiat – kiat menggapai shalat khusyu’ adalah sebagai berikut :
1. Menanamkan niat ikhlas didalam hati semata – mata karena memgharap ridho Allah ta’ala.
2.Tidak menghadirkan didalam hatinya kecuali segala sesuatu yang ada didalam shalat.
3. Menundukan anggota tubuhnya dengan tidak memainkan sesuatu dari anggota tubuhnya karena penampilan lahiriyah menampakan kekhusyu’an bathinnya.
4. Hendaklah merasakan bahwa dirinya tengah berada dihadapan raja semesta alam, mentadaburi/memahami bacaan shalatnya. (Kitab Al-mausu’ah al-fiqhiyah juz II hal 6643).

Shalat khusyu’ dapat digapai dengan mengawali tata cara berwudhu dan shalat yang benar sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah SAW. Shalat yang khusyu’ akan menjadikan seseorang merasa dekat dengan Allah ta’ala, hatinya tenteram dan damai bahkan dirinya jauh dari dosa dan maksiat.

Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa ruku’ana wa sujudana waj’al shalatana khusyu’an. Aamiin ya Allah..

Wallahu a’lam

By : Tommy Abdillah

Mari bergabung dengan Tausiyah Group WA dan BBM. Invite : +6281364 815366/ PIN 51D6D2F2.

Tentang Tommy Abdillah

Aktivis da'wah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Admin Tausiyah Group Blackberry messanger (BBM), Admin Tausiyah Group Whatsapp, Penulis buku Tausiyah Group BBM : kumpulan tausiyah islam kaffah dari akar hingga daun.