Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Sabtu , November 17 2018
Beranda » Tausiyah BBM » Pelajaran Ayat Al-Qur'an » Malaikat Raqib dan’Atid : 2 Malaikat Pencatat Perbuatan Manusia

Malaikat Raqib dan’Atid : 2 Malaikat Pencatat Perbuatan Manusia

Bismillahirrahmaanirrahiim

Pelajaran Ayat Al-Quran Hari Ini

 Allah Subhana Wa Ta’ala berfirman :

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Artinya :  “(Yaitu) ketika 2 orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir .” (QS.Qaaf:17-18).

Note: Assalamu’alaikum Wr.Wb. Saudaraku seiman, Segala puji dan syukur hanyalah milik Allah Subhana wa ta’ala. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan atas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bila kita pergi ke suatu tempat pusat perbelanjaan Mall atau  ke sebuah Mini market disana akan didapati  banyak terpasang CCTV (Closed circuit Television) yang selalu memonitor gerak gerik setiap pengunjung dalam rangka menghindari terjadinya aktivitas pencurian. Langkah ini cukup efektif untuk menurunkan tindak kejahatan dan membuat setiap orang berhati – hati dalam bergerak dan melangkah. Demikian halnya dengan eksistensi para Malaikat sebagai makhluk Allah SWT yang selalu hadir bersama manusia untuk mengawasi dan mencatat seluruh ucapan dan perbuatan yang diperbuat. Mengimani para malaikat Allah adalah bagian dari rukun iman kedua yang wajib diimani dan diyakini oleh orang – orang yang beriman. Mengingkari dan tidak mengimani Malaikat Allah SWT sama halnya mengingkari keimanannya kepada Allah SWT. Dari sekian banyak Malaikat Allah yang dijelaskan didalam Al-Qur’an salah satu diantaranya adalah Malaikat Raqib dan Malaikat ‘Atid. Al-Imam Jalaludin As-suyuthi rahimahullahu didalam kitab tafsirnya yakni Tafsir Jalalain menjelaskan yang dimaksud dengan Raqib dan ‘Atid bukan nama Malaikat namun menunjukkan sifat malaikat. Roqib adalah malaikat yang sifatnya selalu mengawasi. Sedangkan ‘Atid adalah malaikat yang sifatnya selalu hadir di sisi manusia.

Sementara itu Al-imam Ibnu Katsir rahimahullahu Didalam kitab tafsirnya, disebuntukan bahwa Imam Hasan Al-Bashri rahimahullahu ketika membaca ayat di atas, (Yaitu) ketika 2 orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri, lalu ia berkata, “Wahai manusia tlh dibentangkan padamu catatan amalan. Di sisi kalian ada 2 malaikat yang mulia yang satunya berada di sisi kanan, yang lainnya di sisi kiri. Yang berada di sisi kanan itulah yang mencatatat amalan kebaikan. Sedangkan yang berada di sisi kiri, itulah yang mencatat amalan kejelekan. Jadi beramallah semaumu. Baik sedikit maupun banyak, semuanya akan dicatat dalam catatan amalanmu. Dan itu akan bersamamu di lehermu hingga engkau di kubur sampai engkau keluar untuk dihisab pada hari kiamat.

Hikmah mengimani malaikat raqib dan malaikat ‘atid adalah selalu mewaspadai diri dari perbuatan dosa dan maksiat karena Allah SWT maha melihat lagi maha mengetahui. Kemudian tidak ada satu amal perbuatan dan ucapanpun yang tidak tercatat oleh malaikat raqib dan ‘atid. Kemudian dihari kebangkitan (Yaum u Al-hisab) seluruh catatan itu akan diperlihatkan dan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT.  Menghadirkan sifat muraqabah (merasa diawasi) berawal dari bersihnya keimanan seorang hamba terhadap Allah SWT yakni bersih dari segala bentuk kesyirikan baik syirik besar maupun syirik yang kecil. Sifat muraqabah adalah buat dari amal ibadah seorang hamba yang ikhlas. Semoga kita termasuk hamba Allah SWT yang selalu merasa bahwa diri kita diawasi oleh Allah kapan saja dan dimana saja sehingga timbul rasa takut untuk bermaksiat dan malu untuk melalaikan kewajiban sebagai seorang hamba.

Wallahu a’lam.

 

By : Tommy Abdillah

Tentang Tommy Abdillah

Aktivis da'wah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Admin Tausiyah Group Blackberry messanger (BBM), Admin Tausiyah Group Whatsapp, Penulis buku Tausiyah Group BBM : kumpulan tausiyah islam kaffah dari akar hingga daun.