Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Rabu , Juni 26 2019
Beranda » Tausiyah BBM » Keluarga Sakinah » Keluarga Sakinah Mawadah Wa Rahmah

Keluarga Sakinah Mawadah Wa Rahmah

بسم الله الرحمن الرحيم

Pelajaran Ayat Al-Qur’an Hari Ini :

Allah Subhana Wa Ta’ala Berfirman,

{وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ} [الروم : 21

Artinya : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri (pasangan) dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram/sakinah kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih (mawadah) dan sayang (rahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”.(QS.Arrum:21)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Saudaraku seiman, Segala puji hanyalah milik Allah Subhana wa ta’ala. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa salam, para keluarganya, sahabat2 nya dan ummatnya yang istiqomah diatas sunnahnya hingga hari kiamat. Tausiyah group WA dan BBM pagi ini akan membahas tentang keluarga sakinah mawadah wa rahmah (Samara).

Syari’at Islam tlh menetapkan bhw pernikahan adalah bagian dari ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui pernikahan Allah SWT menghalalkan apa yang tlh diharamakaan yakni hubungan intim antar lawan jenis. Pernikahan memiliki tujuan yang mulia yaitu untuk menjaga kemaluan dari perkara kemaksiatan, menundukkan pandangan, meneruskan keturunan, mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan hidup. Rasulullah SAW bersabda,

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Artinya : “Wahai sekalian pemuda, barangsiapa di antara kalian yang sudah mampu untuk menikah, maka segeralah menikah karena nikah akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kehormatan.”(HR.Bukhari dan Muslim).

Setiap orang yang menikah menginginkan terwujudnya keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Yang dimaksud dengan Sakinah adalah keluarga yang seluruh anggota keluarga merasakan ketenangan, kedamaian, ketenteraman dan kebahagiaan hidup. Mawaddah adalah perasaan cinta yang muncul karena dorongan nafsu kepada pasangan lawan jenisnya atau muncul karena adanya sebab2 yang bersifat fisik. Sedangkan rahmah adalah merupakan jenis cinta dan kasih sayang yang lembut terpancar dari kedalaman hati yang tulus dan ikhlas.

Imam Jalaluddin As-suyuthi rahimahullahu (W 1505 M) didlm kitab tafsirnya menjelaskan rahmah adalah kasih sayang dan kelembutan, timbul terutama karena ada ikatan. Seperti cinta antar orang yang bertalian darah, cinta orang tua thp anaknya atau sebaliknya. ( Ref : Kitab Tafsir Dur Mantsur 11/595).

Keluarga Rasulullah SAW adalah keluarga yang paling ideal shg dpt dijadikan sbg suri tauladan bagi kaum muslimin. Meskipun Rasulullah SAW diberi oleh Allah SWT kekhususan menikahi lebih dari 4 orang wanita tp kehidupan rumah tangga Rasulullah SAW seluruhnya harmonis.

Menggapai keluarga sakinah mawaddah wa rahmah memang tidaklah mudah semudah membalikan telapak tangan. Mewujudkan keluarga sakinah mawadah wa rahmah dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang besar dari pasangan suami dan isteri. Apalagi dlm proses membangun rumah tangga mendapati banyak rintangan, tantangan dan cobaannya.

Tdk sedikit bangunan rumah tangga kaum muslimin yang roboh yang baru berdiri bbrp tahun. Tdk sedikit kondisi rumah tangga kaum muslimin serasa hampa tanpa balutan kasih sayang, cinta dan kelembutan. Tdk sedikit pula keluarga kaum muslimin sering terjadi keributan yang tak bertepi, permusuhan yang berkepanjangan dan kebencian yang mendalam.

Allah SWT selaku Al-khaliq dan Al-mudabbir tlh memberikan guidance hidup secara jelas bagi kehidupan manusia, termasuk dlm hal berumah tangga. Begitu banyak ayat2 Al-Qur’an dan hadist2 Rasulullah SAW yang dpt dijadikan pegangan bagi seorang suami sbg pemimpin rumah tangga. Ditangan suamilah kendali kepemimpinan rumah tangganya . Suami yang akan memberikan bimbingan, arahan, nasehat dan keteladanan bagi isteri dan anak2 nya.

Ada beberapa perkara yang dpt kita jadikan sbg pijakan untuk meraih keluarga sakinah mawadah wa rahmah :

  1. Berkomitmen kepada nilai2 ruhiyah pernikahan yang berasaskan aqidah Islam.
  1. Menunaikan kewajiban masing2 pasangan suami dan isteri.
  1. Meraih dan mewujudkan hak masing2 pasangan suami isteri.
  1. Saling menerima kekurangan maupun kelebihan masing2 pasangan suami isteri.
  1. Saling menghargai dan menghormati pasangan suami dan isteri.
  1. Saling membantu dan meringankan beban tanggung jawab pasangan suami dan isteri.

Ya Allah ya rabb.. Anugerahkanlah kepada kami isteri yang soleha/suami yang soleh yang dpt membimbing kami untuk mentaati-Mu. Jadikanlah keluarga kami keluarga sakinah, mawaddah warahmah. Amin ya Allah..

Wallahu a’lam

By : Tommy Abdillah

Mari raih amal soleh untuk share tulisan da’wah ini. Barakallahu fiikum

 

Tentang Tommy Abdillah

Aktivis da'wah Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Admin Tausiyah Group Blackberry messanger (BBM), Admin Tausiyah Group Whatsapp, Penulis buku Tausiyah Group BBM : kumpulan tausiyah islam kaffah dari akar hingga daun.