Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Sabtu , November 17 2018
Beranda » Ustad Menjawab » Robi Kurniawan » Hukum Zakat Emas yang Sudah Diperdagangkan

Hukum Zakat Emas yang Sudah Diperdagangkan

Assalamu’alaikum Ustadz,

385675_3349438537917_1824803393_n JalanDakwah.infoApa kabar pak Ustadz, semoga Bapak tetap sehat selalu dan diberikan kekuatan untuk berdakwah. Amiin. Pertanyaan saya adalah: “saudara saya memiliki sejumlah emas dan emasnya sdh sampai nisab dan sudah masuk haul pada bulan Januari 2015, tapi ia belum bayarkan zakatnya, karena ia sampai sekarang memperdagangakan emasnya itu dan berubah menjadi perniagaan intan dan barang berharga lainnya. Dalam hal ini bagaimana dia harus membayar zakatnya?

Jszakumullahu kasitran ustadz,

Rahman

Waa’laikum salam ya akhi Rahman,

Alhamdulillah kami selalu sehat. Semoga kita semua diberikan kekuatan oleh Allah Swt. dalam kesbaran mentaati segala perintahNya dan menjahui semua laranganNya. Amiin.

Selanjutnya, terhadap saudara pak Rahman dia harus membayar zakat emas yang sudah sampai nisab(85 gr) dan haulnya, yaitu Januari 2015 dan untuk emas yang sedang diniagakan sehingga berubah menjadi intan atau batang berharga lainnya, maka tetap dikenakan zakat lagi sehingga menunggu nisab (sama dengan nisab emas) dan haul. artinya haul pertama (emas sebelum diniagakan) tetap dijalankan meskipun emas itu sdh dirubah menjadi intan yang diperdagangkan. sperti yang dikatakan oleh Ibnu dalam kitab  At-taj wal Ikliil:

 التاج والإكليل نقلاً عن العلامة ابن رشد رحمه الله تعالى أنه قال:(الذهب والورق إذا حُوِّل بعضُه في بعض فالحكم فيه أن يُزكي الثانية على حول الأول لأنه صنف واحد
“Ema dan uang kertas, apa bila dirubah atau diperdagangkan maka wajib zakat kedua (haul kedua) sebagaimana wajib bayar zakatnya pada haul pertama(sebelum dirubah atau diperdagangkan)
Walalahu ‘alam
Robi Kurniawan

Tentang Robi Kurniawan

Born in Payakumbuh, 11 juni 1978. First Graduated in IAIN Imam Bonjol Padang on 2001 Arabic Literature Program. Post Graduated in Islamic Amir Abdel Kader University in Constantine-Algirs (Aljazair)scholarship from Islamic Affairs Department, now Kemenag on 2005 concentrated at Islamic Law (syaria'ah) Studies. Recently, Freetime, Da'i (speecher) or Muballigh Batam City and English Mentor in Primagama Batam Centre Group, Arabic Tentor In Islamic Fondation Hang Tuah, Batam.