Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Senin , November 20 2017
Beranda » Kajian » Kesehatan » Emosimu adalah Penyakitmu!

Emosimu adalah Penyakitmu!

Pilihannya senantiasa menjadikan tubuh dalam keadaan emosi positif, ataukah hidup dalam emosi mencekan?

Percaya tidak percaya, tubuh atau fisik yang baik dari seseorang pasti dimulai dari emosi yang stabil. Jiwa yang tenang, hati yang tenang dan ujung-ujungnya iman yang sehat.

Sehingga pertanyaannya, adakah hubungan antara emosi tersebut dengan penyakit? Secara mekanisme hormonal hal itu bisa saja terjadi, dikarenakan mekanisme hormon tubuh manusia sangat dipengaruhi oleh irama waktu, seperti siang atau malam.

Di luar hal tersebut, hal lainnya adalah bahwa hormon yang muncul sangat memungkinkan dari mood atau perasaan yang muncul. Jadi sebenarnya, ketika mood itu baik, perasaaan itu baik, sangkaan dirinya baik terhadap apa yang ia rasakan dan alami, pastinya tubuhnya akan merespon kondisi tersebut dengan sekresi atau pengeluaran hormon pula.

Di sinilah letaknya, ketika fikiran seseorang senantiasa dalam kondisi positif sebenarnya otak pun merespon hal tersebut dengan hormon positif pula.

Yang uniknya adalah, pengeluaran hormon yang keluar dalam tubuh manusia tersebut pada akhirya akan berefek terhadap organ tubuh manusia, ketika seseorang dalam keadaan cemas maka otomatis yang akan keluar adalah hormon adrenalin, yang berakibat bisa meningkatkan denyut jantung, yang jika terus menerus terjadi maka organ tersebut akan berada dalam keadaan siaga terus menerus.

Ya sekarang pilihannya terserah kita sendiri, mau senantiasa menjadikan tubuh dalam keadaan yang harmonis dengan emosi-emosi positif, ataukah hidup dalam emosi mencekan dan emosi negatif selalu, kalau sudah begini ya siap siap aja penyakit datang.*

Sumber : hidayatullah.com

Tentang Tim Jalan Dakwah