Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Jumat , September 22 2017
Beranda » Kajian » Antara Formalitas dan Trend

Antara Formalitas dan Trend

SEBAGAI wanita muslim sudah selayak nya dalam kehidupan sehari-hari kita menutup aurat sesuai Syariat Islam, memakai pakaian yang pantas dan memakai hijab sesuai dengan Syariat nya. Namun bagaimana jika hijab yang seharus nya sudah menjadi bagian dari Syariat Islam justru hanya sebagai formalitas dalam realita kehidupan?

Kini hijab bukan lagi hal yang tabu, hijab sudah menjadi trend berbusana wanita muslim Indonesia, namun apakah dalam pemakaian nya sudah sesuai dengan Syariat Islam. Mungkin dalam gaya pemakaian nya tergantung dari pribadi masing-masing namun mengingat firman Allah SWT sudah sepatutnya kita memakai hijab saesuai dengan Syariat Islam, dalam Al-qur’an ayat 59 yang artinya : “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tak di ganggu, dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Kini hijab memang sedang menjadi trend berbusana, jika suatu saat nanti trend berbusana tersebut akan berganti apakah anda tetap berhijab atau anda akan mengikuti trend yang ada? Hijab sebagai trend berbusana ini berarti Islam sudah membudaya khususnya dalam masyarakat Indonesia.

Jika kita memakai hijab hanya untuk formalitas, dan kita memakai karena sedang trend saja misalkan dipakai hanya saat bersekolah, arisan, pergi berbelanja dan lain sebagainya, tetapi dalam kenyataan kehidupan sehari-hari dirumah kita malas dan belum memiliki kesadaran menggunakan hijab maka disaat berganti trend berbusana kita akan mudah terpengaruh kebudayaan yang sangat cepat sekali masuk dan berbaur dengan kebudayaan yang sebelum nya ada.

Generasi remaja Islam masa kini mungkin harus lebih ditekankan lagi kesadaran akan berhijab ini, karena sangat disayangkan justru banyak sekali generasi yang masih menggunakan hijab untuk formalitas dan karena trend berbusana bukan karena kesadaran diri sebagai wanita muslim untuk menjalankan Syariat Islam untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya trend hijab ini sedikit banyak bisa menumbuhkan rasa kesadaran diri dalam setiap wanita muslim yang pada awalnya tidak terbiasa menggunakan hijab kemudian karena sedang trend hal tersebut dapat menumbuhkan suatu kebiasaan yang dapat membawa ke arah keadaran diri untuk berhijab dan memakainya dalam kehidupan sehari-hari dengan semestinya dan tidak menginggalkan Syariat yang sudah ditetapkan.

Seperti yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-qur’an surat Al-A’raaf ayat 26 yang artinya “Hai anak Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

Selain itu sebab diperintahkan nya berhijab bagi muslim wanita dalam Islam adalah sebagai identitas kemusliman. Untuk itu tidak ada lagi alas an bagi kita sebagai wanita muslim enggan memakai hijab dan tidak hanya menggunakan hijab sebagai formalitas dan trend berbusana saja. Di bulan Ramadhan yang suci dan mulia ini mari benahi akhlak kita menjadi lebih baik lagi, mejalankan Syariat Islam sesuai dengan ketetapan nya, agar menjadi manusia yang lebih baik.

Tentang Agus Waldiono