Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Kamis , Agustus 17 2017
Beranda » Tausiyah BBM » Pelajaran Hadits » Ancaman Azab Allah bagi wanita Membuka Aurat

Ancaman Azab Allah bagi wanita Membuka Aurat

Pelajaran Hadist Hari Ini : Rasulullah SAW bersabda: “Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mirip ekor sapi untuk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Pada hal sesungguhnya wangi surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim).

Note : Assalamu’alaikum Wr.Wb. Saudara seiman, Tausiyah group WA pagi ini masih membahas tentang perintah Allah SWT untuk menutup aurat dan ancaman Azab Allah SWT bagi wanita yang tidak menutup auratnya. Kultur busana masyarakat modern hari ini adalah minim bahan yang menonjolkan sensual tubuh wanita. Suatu kultur yang berkiblat kepada masyarakat Barat yang dianggap maju dan modern pada hal merendahkan derajat manusia. Wanita yang mengumbar auratnya barangkali bangga dengan kemolekan tubuhnya sehingga ingin dipamerkan kepada semua orang. Tubuh wanita adalah kehormatan dirinya yang harus dijaga dari orang yang tidak berhak memandangnya. Ibarat berlian dan permata yang asli tidak akan dipamerkan kepada orang lain, sedangkan yang imitasi akan ditonjolkan kepada orang lain. Kultur busana setengah telanjang menjadi tantangan berat bagi kaum mukmin yang senantiasa harus menjaga pandangannya dari perkara yang diharamkan oleh Allah SWT.

Imam Nawawi rahimahullahu didalam kitab Syarh Muslim ketika menjelaskan hadits di atas mengatakan bahwa ada beberapa makna kasiyatun ‘ariyatun : 1. Wanita yang mendapat nikmat Allah, namun enggan bersyukur kepada-Nya. 2. Wanita yang mengenakan pakaian, namun kosong dari amalan kebaikan dan tidak mau mengutamakan akhiratnya serta enggan melakukan ketaatan kepada Allah SWT. 3. Wanita yang menyingkap sebagian anggota tubuhnya, sengaja menampakkan keindahan tubuhnya. Inilah yang dimaksud wanita yang berpakaian tapi telanjang. 4. Wanita yang memakai pakaian tipis sehingga nampak bagian dalam tubuhnya. Wanita tersebut berpakaian, namun sebenarnya telanjang. (Ref : Imam Nawawi, Kitab Syarh Muslim, jilid 9 hal 240). Memang seluruh amalan ibadah kita kelak akan mendapatkan balasan dari Allah SWT tapi  amalan kebaikan itu ada yang tidak dapat menutupi dosa – dosa besar salah satunya adalah membuka aurat. Masing – masing diantara kita akan ditanya oleh Allah SWT atas seluruh amal perbuatan yang telah dikerjakan selama hidup didunia termasuk peran dan tanggung jawab seorang suami selaku pemimpin keluarga. Suami yang soleh akan membimbing dan memberikan teladan bagi keluarganya untuk menyelamatkan dari azab siksa api neraka, termasuk dalam hal memerintahkan isterinya untuk menutup aurat ketika keluar dari rumahnya atau ketika dihadapan orang – orang yang bukan termasuk mahramnya.

Wallahu a’lam

By : Tommy Abdillah

 

Tentang Tommy Abdillah

Aktivis da'wah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Admin Tausiyah Group Blackberry messanger (BBM), Admin Tausiyah Group Whatsapp, Penulis buku Tausiyah Group BBM : kumpulan tausiyah islam kaffah dari akar hingga daun.