Warning: DOMDocument::loadXML() [domdocument.loadxml]: Start tag expected, '<' not found in Entity, line: 1 in /home/jalandakwah/public_html/wp-content/plugins/premium-seo-pack/modules/title_meta_format/init.social.php on line 481
Jumat , Agustus 18 2017
Beranda » Kajian » Di Akhir Zaman, Waktu Terasa Singkat

Di Akhir Zaman, Waktu Terasa Singkat

DALAM hidup ini, kita tak akan pernah bisa lepas dari waktu. Ya, hidup kita terikat oleh waktu. Aktivitas apapun kita memperhitungkannya dengan waktu. Sebab, waktulah yang menentukan seseorang harus berbuat apa dengan masa tertentu.

Waktu berputar 24 jam dalam sehari. Nah, di akhir zaman ini, waktu tersebut terasa begitu cepat. Padahal, jumlah jam pada setiap harinya sama. Inilah yang akan kita rasakan. Semakin terasa dekatnya bertemu dengan akhir zaman. Dengan perhitungan waktu yang terasa begitu cepat berputar.

Rasulullah ﷺ sudah mewartakan kepada kita bahwa salah satu tanda-tanda kiamat adalah berdekatannya zaman.

Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Zaman akan berdekatan, ilmu berkurang, fitnah bermunculan, kekikiran tertanam dan al-Haraj merajalela.” Seorang sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan al-Haraj?” Beliau menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Inilah pendapat ulama tentang sabda Nabi, “Zaman akan berdekatan.”

1. Sedikitnya keberkahan dalam zaman itu. Sehingga, pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam satu jam oleh generasi terdahulu, tidak dapat diselesaikan oleh generasi penerus mereka walaupun dikerjakan selama berjam-jam.

Ibnu Hajar menjelaskan, “Di zaman kita ini, kita sudah merasakan cepatnya hari berlalu yang tidak pernah kita rasakan sebelum ini.”

Tentang Agus Waldiono