Rabu , Oktober 16 2019

Assalamu’alaikum

Saudaraku seiman, Hati yang girang dan bahagia dapat di ekspresikan dengan terawa dan canda. Berdasarkan penelitian ketika seseorang tertawa tubuh akan melepaskan neuron transmitter & hormon yang dapat mengurangi hormon penyebab stres yakni kortisol dan adrnealin. Pada gilirannya, pelepasan ini membantu menurunkan tekanan darah. Saat tertawa, otot-otot seperti otot perut, wajah, kaki dan punggung ikut bergerak. Tertawa adalah bagian dari fitrah manusia sebagai makhluk tetapi tertawa dapat menjadi tidak sehat bila dilakukan secara berlebihan yaitu tertawa terbahak-terbahak atau suka mentertawakan orang lain yang sedang dalam kesulitan. Tertawa yang berlebihan akan membuat hati menjadi keras untuk menerima kebenaran. Tertawa yang berlebihan juga dapat membuat hati berpaling dari mengingat kematian. Sebaik-baik perkara adalah yang sederhana dan pertengahan. Rasulullah SAW sebagai manusia pilihan yang memiliki karakter manusia pada umumnya juga pernah bercanda dan memiliki senyuman indah yang tidak sampai tertawa yang berlebihan.

Rasulullah SAW bersabda,  Janganlah kalian banyak tertawa karena banyak tertawa akan mematikan hati.”(HR.Tirmizi). Wallahu a’lam

By : Tommy Abdillah

Tentang Tommy Abdillah

Aktivis da'wah Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Admin Tausiyah Group Blackberry messanger (BBM), Admin Tausiyah Group Whatsapp, Penulis buku Tausiyah Group BBM : kumpulan tausiyah islam kaffah dari akar hingga daun.